Gerakan Senam Otak Kanan dan Kiri Untuk Mempertajam Kemampuan Otak

Gerakan senam otak kanan dan kiri untuk mempertajam kemampuan otak memang terbukti efektif dalam menjaga kemampuan otak kita untuk tetap mempertahankan fungsi-fungsinya. Semakin tua tubuh seseorang maka akan mengalami banyak perubahan, termasuk perubahan pada kondisi otak kita. Kondisi ini sering membawa kita pada lemahnya memori ingatan, seperti lupa ada janji, lupa menaruh sesuatu, dll yang semuanya merupakan salah satu contoh kecil dalam lemahnya kemampuan otak kita dalam memaksimalkan fungsinya.

Para ilmuwan kognitif  menganjurkan proses belajar dengan meningkatkan keterampilan persepsi, yang biasanya diajarkan dengan pengenalan pola. Hal tersebut terbukti sangat efektif saat UCLA dan Penn melakukan penelitian terhadap siswa kelas enam di Philadelphia pada tahun 2010 lalu dengan melakukan pengajaran pecahan berbasis pelatihan persepsi. Setelah pelatihan para siswa diberikan masalah yang belum pernah di lihat sebelumnya, namun hasilnya 73persen jawaban mereka benar. Hal ini sangat berbeda ketika sekelompok siswa kelas tujuh, yang sudah secara tradisional diajarkan bagaimana untuk memecahkan masalah ini hanya mendapat 25 persen benar.

Sebuah studi membuktikan bahwa pelatihan dapat membantu orang dewasa mengalami perbaikan di kedua memori serta kemampuan memecahkan masalah. Bahkan lima tahun kemudian orang-orang yang aktif mendapat pelatihan terus mendapatkan manfaat pada fungsi otak mereka. Meskipun jenis pelatihan ini tidak mengurangi risiko Alzheimer namun dapat menunda timbulnya atau perkembangan penyakit.  Senam otak Anda dapat memperkaya hidup, menghilangkan kejenuhan, mencegah depresi, dan memberikan rasa keberhasilan. Berikut gerakan senam otak kanan dan kiri untuk mempertajam kemampuan otak, cara yang simple namun terbukti efektif

1. Mandi dengan mata tertutup dapat meningkatkan kerja otak anda

2. Mengambil jalur mengemudi yang berbeda pergi ke salah satu lokasi rutin Anda. Biarkan jendela terbuka untuk merangsang otak dengan bau dari dunia luar.

3. Berlatih mengenali penelepon sebelum mereka mengidentifikasi diri sendiri. Kemudian menghafal nomor telepon yang masuk. Pada akhir hari , tulislah orang-orang yang telah berbicara dengan anda pada hari itu, serta nomor telepon mereka. Pada akhir pekan cobalah menulis semua orang yang sudah menghubungi anda beserta nomor telepon mereka sebanyak yang anda bisa.

4. Ketika makan di restoran atau di rumah seorang teman, cobalah mengenali bahan-bahan yang disajikan didalam piring. Berkonsentrasi pada bahan yang digunakan sebagai bumbu dan rempah-rempah yang ada. Kemudian mintalah bantuan pada pelayan untuk memverifikasi apakah hasil yang anda analisa benar atau salah.

5. Meletakkan foto keluarga, kalender  atau jam dengan posisi terbalik. Hal ini akan merangsang otak untuk membuat koneksi baru dan berpikir lebih kritis.

6. Mengumpulkan benda-benda seperti koin, sekrup, klip kertas atau kuku dalam cangkir dan mencoba untuk mengenali mereka dengan perasaan sendiri.

7. Jangan menggunakan daftar belanjaan saat berbelanja. Sebaliknya ciptakan sebuah sistem untuk menggantikan daftar belanjaan seperti menciptakan kosakata yang khusus merujuk pada bahan yang harus dibeli. Atau,  bisa juga mengklasifikasikan makanan menjadi mentah dan dimasak atau gunakan system apapun yang bagi anda bisa menggantikan fungsinya sebagai daftar belanjaan dalam memori otak anda.

8. Aktif melakukan kegiatan asah otak seperti mengisi teka-teki silang, atau bermain catur atau bermain Sudoku ataupun Go. Hal tersebut terbukti efektif untuk mempertajam kinerja otak untuk menjadi lebih aktif dan waspada serta meningkatkan pola berpikir cerdas dan cermat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s